8 Manfaat Kunyit Putih Yang Baik Untuk Kesehatan

Image result for kunyit putihinfo berita - Kunyit putih merupakan jenis tanaman yang sering digunakan sebagai obat. Semua bagian pada kunyit putih ini bisa dimanfaatkan, mulai dari akar, minyak serta daunnya. Tanaman asli Indonesia dan India ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara lainnya.

Jenis kunyit ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe, meski meninggalkan jejak rasa pahit di akhir. Nutrisi dan zat antioksidan pada kunyit putih disinyalir sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan wajah maupun kulit. Manfaat kunyit putih bagi kesehatan dan kecantikan sangat besar, walaupun jarang ditemukan. Walaupun lebih susah ditemukan daripada kunyit kuning biasa, manfaat kunyit putih bagi kesehatan tidak bisa disepelekan begitu saja.

Berikut beberapa manfaat kunyit putih yang jarang diketahui.

-.Antimikroba dan Antijamur
Manfaat kunyit putih yang pertama adalah sebagai antimikroba dan antijamur yang ampuh. Bahkan telah ada penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan berbagai bakteri sumber penyakit.

Bakteri seperti E. coli yang menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti diare dan keracunan makanan serta Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis. Selain itu, manfaat kunyit putih juga bisa melawan infeksi jamur Aspergillus dan Candida. Kamu juga bisa menggunakan kunyit putih sebagi obat kumur yang ampuh mengurangi bakteri jahat di mulut.

-.Menjaga Kesehatan Pencernaan
Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan manfaat ini sudah diketahui selama ribuan tahun di mana kunyit putih dijadikan sebagai obat untuk masalah pencernaan.

Minyak esensial kunyit puith ini memiliki manfaat dalam pengobatan cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, serta jarang buang air besar. Apalagi kunyit putih merupakan bantuan alami untuk mencegah radang usus karena stres.

-.Obat Alergi Alami
Manfaat kunyit putih berikutnya adalah sebagai obat alergi alami. Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan terbukti dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit. Kunyit ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, sebuah zat kimia yang memicu reaksi alergi.

-.Penghilang Rasa Sakit
Sifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin membuat kunyit putih juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan rasa sakit. Karena mengandung senyawa alami rempah asli Indonesia ini digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis).

Bahkan dalam terapi jangka pendek untuk melindungi paru-paru pasien asma, manfaat kunyit putih berperan sebagai penekan peradangan pada bronkus yang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara.

-.Anti Peradangan
Manfaat kunyit putih lainnya adalah sebagai antiperadangan. Hal ini terkait dengan kandungan diuretiknya. Oleh karena itu, rempah ini dipercaya mampu mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis. Sifat diuretik kunyit putih mendukung penghapusan zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian.

Jika tidak ada detoksifikasi, hal itu bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada kasus artritis dan rematik. Bahkan kunyit putih juga bisa menjadi penawar racun gigitan ular karena ekstraknya bekerja menghambat aktivitas bisa ular.

-.Mencerahkan Wajah
Manfaat kunyit putih untuk kecantikan yang pertama adalah dapat mencerahkan wajah. Kandungan nutrisi dan vitamin serta pati kunyit putih disinyalir sangat baik untuk membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Gunakan masker kunyit putih secara teratur dan rutin 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Pastikan untuk menggunakan bubuk kunyit alami untuk hasil kulit wajah cerah maksimal.

-.Mengobati Jerawat
Kunyit putih dikatakan sebagai rempah yang baik sebagai antioksidan dan penghilang jerawat. Jika kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel, cobalah untuk melakukan perawatan alami di rumah menggunakan kunyit putih. Gunakan masker bubuk kunyit putih sebelum mandi dan diamkan kira-kira 15 menit. Lakukan hal ini secara teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi masalah jerawat yang kamu alami dapat diatasi dengan menggunakan kunyit putih ini.

-.Memberikan Kesegaran Pada Kulit
Manfaat kunyit putih bagi kecantikan selanjutnya adalah dapat memberikan kesegaran pada kulit wajah. Bubuk kunyit putih murni yang digunakan sebagai masker bisa membantu kamu memiliki kulit wajah lebih segar dan cerah.

Untuk kulit berminyak, terapkan bubuk kunyit putih sebagai masker bersama air mawar. Campur juga bubuk kunyit putih bersama susu dan yogurt untuk masker yang lebih dingin dan nyaman saat digunakan.

Jadi begitulah beberapa manfaat kunyit putih bagi kesehatan dan kecantikan. Kamu bisa menggunakannya secara teratur bila memang diperlukan. Namun jangan berlebihan dalam menggunakan kunyit putih karena malah akan berdampak buruk nantinya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Labels