Cara Dongkrak Mobil yang Tepat
Jakarta,-- Dongkrak sebagai alat darurat saat wajib ada di dalam mobil. Perkakas ini digunakan saat harus mengganti ban yang bocor dan mengecek kondisi bawah mobil.
Cara mengoperasikan dongkrak tidak bisa sembarangan agar posisinya tidak bergeser merusak komponen lain pada mobil.
Head Dealer Technical Support Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan dongkrak ada berbagai macam jenis. Tapi buat mobil penumpang, dongkrak yang lumrah digunakan berjenis 'ketupat' atau scissor dan botol.
"Dongkrak ketupat atau scissor ini buat mobil sedan dan LCGC, tapi mobil lebih gede SUV dan MPV bisa digunakan yang botol," kata Didi melalui pesan singkat, Jumat (7/2).
Titik tumpu dalam menggunakan dongkrak pasti pada media yang keras, tapi posisinya tidak semua mobil sama. Letak titik tumpu berbeda tergantung jenis mobil.
Untuk mencari titik tumpu, kita bisa melihatnya pada buku manual yang umum tersimpan di laci mobil.
Pada mobil sedan misalnya terdapat 4 lifting point. Pada bagian depan, Lifting point pada sasis tepat belakangan roda. Sedangkan bagian belakang, berada pada rasis depan roda belakang.
Sedangkan mobil yang menggunakan sasis tangga (ladder frame) dongkrak bisa ditempatkan di lower arm atau tulang rasis. cirinya itu titik tumpuan dongkrak memiliki bentuk yang sesuai dengan dongkrak bawaan mobil. Biasanya tonjolan berbentuk persegi, atau bentuk seperti cekungan.
"Biasanya sedan dan LCGC ada pasa rocker panil (bagian samping dekat ban). Kalau MPV ada pada cross member atau garden," ucapnya. "Tapi pengerjaan hati-hati, kalau salah titik tumpu bisa ngerusak komponen lain dan mobil bisa juga rubuh," kata Didi kemudian.
Yang perlu diketahui juga dongkrak sifatnya hanya untuk komponen yang biasa jack stand untuk mengganjel mobil sebagai menggantikan tugas dongkrak setelah mobil terangkat.
No comments:
Post a Comment