Bakar Kalori dengan Piloxing, Gabungan Pilates dan Boxing



Bakar Kalori dengan Piloxing, Gabungan Pilates dan Boxing

Bakar Kalori dengan Piloxing, Gabungan Pilates dan Boxing

Jakarta,-- Seolah tak cukup puas hanya dengan satu macam olahraga, banyak orang lebih puas dengan mengombinasikan beberapa cabang olahraga sekaligus. Tujuannya untuk menambah area yang 'diolah' serta menambah pembakaran kalori.

Selain itu penggabungan beberapa jenis olahraga ini juga dianggap lebih fundan menyenangkan dibanding hanya sekadar lari atau boxing saja. Sebut saja zumba pound fit, sampai piloxing.

Apa sebenarnya piloxing?

Piloxing adalah gabungan dari pilates, boxing, dan dance, Menyusuri sejarahnya, piloxing dicipatakan pada 2009 oleh Viveca Jensen, seorang mantan penari jazz yang banting setir jadi intruktur pilates. Dia pun berlatih boxing untuk meningkatkan kekuatan.

Pada akhirnya dia menggabungkangerakan pilates dan boxing karena dia suka dengan ide menggabungkan kekuatan dengan feminitas.

"Pada awalnya, orang-orang bilang, ini bukan pilates," katanya dikutip dari dari New York Times.

"Tapi saya percaya kalau Joseph Pilates 9pecinta Pilates) akan setuju. Semua hal yang baik akanberevolusi. Saya ingin berevolusi dan berbagai larangan hanya akan membuat lebih banyak larangan dalam hidup."

Jensen menambahkan bahwa dia tak ingin menamainya sebagai pilo-box atau box-ilates. sampai akhirnya dia menemukan nama piloxing.

"Saya suka X di bagian tengah, terdengar kuat,"

Sampai 2014 lalu di 36 negara sudah ada 7.000 instruktur piloxing. Olahraga ini juga termasuk populer di Indonesia. Trainer piloxing Sistya Windasari mengungkapkan bahwa olahraga ini punya cukup banyak penggemar di Indonesia.

"Piloxing bahkan sudah ada lebih dahuu dibanding pound fit," katanya saat fun session with Uniqlo beberapa waktu lalu.

Tya manambahkan, olaharaga ini tak akan membuat seseorang menjadi bulky. Olahraga tersebut melatih kardio dan otot sehingga jadi lebih laen. Piloxing akan membantu melatih upper body atau bagian atas.

Dalam tiap gerakannya, piloxing sendiri menggabungkan keseimbangan tubuh, kelenturan, dan kekuatan, namun dibalut dalam gerakan dance yang dinamis yang menyenangkan.

"Piloxing lebih banyak hilangkan kalori dibanding pound fit. Hal ini terjadi karena musik di lagu-lagu piloxing memiliki BPM 135 full selama 1 jam speednya sama, kalo pound fit masing-masing lagu beda."

Ketika melakukan piloxing selama 1 jam penuh dan memiliki kekuatan maka kalori yang terbakar berkisar antara 900-1200 kalori karena boxing.

"Tapi akan lebih banyak terbakarjika pakai gloves boxing."

"Hanya saja piloxing tidak disaranan untuk orang yang mengalami cedera kaku, atau pun vertigo karena gerakannya sangat dinamis."

Share:

No comments:

Post a Comment

Labels