Curhat Perawat Soal Minimnya APD: Satu Masker Satu Shift




Curhat Perawat Soal Minimnya APD: Satu Masker Satu Shift



Jakarta,-- Persediaan alat pelindung diri (APD) yang dikenakan dokter dan perawat untuk menangani pasien infeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia semakin berkurang. Para perawat bahkan harus menggunakan masker dan alat pelindung diri yang sama untuk banyak pasien selama satu hari atau satu shift kerja.

Idealnya, satu masker digunakan untuk menangani satu pasien. Setelah selesai, masker harus diganti saat tenaga media akan menangani pasien lain.

"Persediaan masker sangat terbatas. Harusnya masker untuk satu tindakan atau pasien lalu buang. Karena sangat terbatas, saat ini disiasati dengan satu masker, satu shift," kata Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Harif Fadhillah, Jumat (20/3).

Penggunaan masker oleh perawat dalamwaktu yang lama dapat meningkatkan kerentenan terhadap penyakit. Masker dapat menjadi basah dan justru membuat perawat mudah tertular dari orang yang sakit.

Selain masker, stok alat pelindung diri untuk dokter dan perawat seperti kacamata, baju pelindung, penutup kepala, sarung tangan, hand sanitizer pun ikut langka. Kelangkaan itu terjadi di seluruh Indonesia.

"Di seluruh Indonesia, saat wabinar [seminar daring] beberapa waktu lalu semua mengeluhkan hal yang sama" ucap Harif.

Harif mengaku tak mengetahui secara pasti jumlah APD yang tersisa. Pasalnya, catatan pasokan ada pada setiap rumah sakit d seluruh Indonesia. Namun, dengan jumlah pasien yang semakin bertambah akan membuat stok semakin cepat habis.

Menurut Harif, kelangkaan APD tak bisa diganti dengan barang lain karena alat untuk melindungi diri harus dengan standar yang berlaku. alat pelindung diri juga harus memenuhi kualifikasi yang membuat dokter dan perawat aman dan tidak tertular virus dari pasien yang semakin bertambah akan membuat stok semakin cepat habis.

Menurut Harif, kelangkaan APD tak bisa diganti dengan barang lain karena alat untuk melindungi diri harus sesuai dengan standar yang berlaku. Alat pelindung diri juga harus memnuhi kulaifikasi yang membuat dokter dan perawat aman dan tidak tertular virus dari pasien.

Jika menggunakan barang lain, ditakutkan tak memnuhi standar keselamatan dan justru membahayakan dokter atau perawat.

Harif mengaku hanya dapat meminta dan mendesak pemerintah untuk segera mempercepat penyediaan alat pelindung diri.

ilustrasi alat pelindung diri (APD)

"Kita harus berlomba dengan jumlah kasus yang terus muncul ini. Kami juga mmeinta bantuan untuk tenaga kesehatan juga dipercepat," ucap Harif.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan pemerintah akan membuka impor perlengkapan perlindungan diir yang dibutuhkan masyarakat Indonesia untuk mencegah virus corona. Perlengkapan yang akan diimpor itu salah satunya adalah masker.

Ma'ruf menyatakan impor menjadi alternatif jika produsen di dalam negeri tidak bisa memproduksi peralatan pencegahan corona dalam kuantitas yang banyak.

"Mengenal perlengkapan-perlengkapan seperti masker, dan lainnya, pemerintah mengambil langkah cepat,  kalau memang memperbanyak produk dalamnegeri dan yang tidak bisa diproduksi dalam negeri, kami sudah melakukan langkah untuk mengimpor secepatnya," kata Ma'ruf dalam keterangan resmi yang diterbitkan Sekretariat Wakil Presiden, Kamis (19/2).
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels