Trik Peregangan Agar Tak Pegal Saat 'Work From Home'




Trik Peregangan Agar Tak Pegal Saat 'Work From Home'


Jakarta,-- Penyebaran virus corona di beberapa wilayah di Indonesia memaksa sebagian perusahaan menerapkan kebijakan 'work from home' atau WFH. Kebijakan ini diharapkan mampu menghentikan penyebaran virus corona.

Bekerja di rumah artinya anda bebas dari kubikel sempit dan pengawasan atasan. Namun ini bukan alasan untuk bermalas-malasan. sebaliknya, anda harus konsisten dan konsekuen untuk melakukan perkerjaan anda dengan baik.

Saat kerja dari rumah, anda bisa bekerja sembari duduk santai di sofa atau dari atas kasur. Posisi bisa berubah-ubah bahkan kadang bukan posisi standar yang aman buat oto dan tulang, Ini pun ditambah durasi waktu duduk yang lama.

"Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penurunan fungsi kognitif, dan seluruh kondisi lainnya yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh seiring berjalannya waktu," ujar mind anda body coach, Dean Coulson, melansir dari Metro.

Agar performa kerja tak terganggu, berikut beberapa tips dari Coulson.

1. Peregangan leher

Peregangan ini berguna untuk melemaskan otot leher. Leher biasanya tegang karena terus menatap layar monitot di tambah lagi posisi yang berubah-berubah.

Duduk di tepi kursi, lalu tarik bahu ke bawah dan ke belakang. Gunakan tangan kiri untuk menarik kepala ke sisi kiri dan tahan 30detik. Ulangin bergantian masing-masing tiga kali.

2. Peregangan overhead

Luruskan punggung, lalu angkat kedua tangan ke atas kepala. Kaitan jari-jari dan dorong jauh-jauh ke atas. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.

3. Memutar pinggang

Tetap dalam posisi duduk, dekatkan kedua lutut. Tempatkan tangan kiri di paha kanan dan tangan kanan di paha kiri. Putar tubuh bagian atas ke kanan hingga anda bisa melihat ke belakang. Tahan beberapa detik dan lepaskan, ulangi pada sisi kiri, ini menjaga tulang punggung tetap fleksibel.

4. Peregangan pegelangan tangan

Mengetik selama berjam-jam akan membuat pergelangan tangan terasa pegal atau tidak nyaman. Sembari berdiri, tempatkan pergelangan tangan pada meja. Berikan sedikit tekanan hingga terasa ada peregangan. Tahan selama beberapa detik.

Setelah peregangan, gerakan pergelangan tangan secara melingkar, lakukan beberapa putaran.
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels