Berdansa Tingkatkan Kesehatan Otak di Hari Tua



Berdansa Tingkatkan Kesehatan Otak di Hari Tua

Jakarta,-- Tak butuh biaya mahal untuk meningkatkan kesehatan otak di hari tua. Cukup dengan melakukan aktivitas fisik yang sederhana dan menyenangkan dapat menjaga kesehatan otak. Studi terbaru menemukan berjalan, berdansa, bercocok tanam, dan berenang merupakan kegiatan yang baik untuk otak.

Penelitian terbaru dari Columbia University memeriksa hubungan antara aktvitas fisik dan penuaan otak. Para peneliti menilai tingkat aktivitas fisik 1.500 orang tua dan menganalisis kualitas otak melalui MRI. Peneliti juga mempertimbangkan frekuensi, durasi, dan intensitas aktivitas fisik yang dilakukan peserta.

Aktivitas fisik dibagi dalam tiga kategori berbeda. Pertama, kuat seperti aerobik, joging, bermain bola tangan. Kedua, sedang seperti bersepeda, berenang, hiking, bermain tenis. Ketika, ringan seperti berjalan, berdansa, senam, golf, bowling, berkebun, dan menunggang kuda.


Hasilnya peneliti menemukan orang yang lebih aktif memiliki volume otak yang lebih besar daripada orang yang tidak aktif. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu memperlambat kehilangan volume otak.

"Hasil studi kami menambah bukti bahwa banyak aktivitas fisik terkait dengan volume otak yang lebih besar pada orang tua," kata peneliti Yian Gu.

Berdasarkan hasil MRI, orang dewasa yang melakukan aktivitas fisik koognitif ini biasanya dimulai terjadi pada otak lebih besar 1,4 persen atau setara dengan perlambat penuaa sekitar 4 tahun.

Penyusun otak yang dapat memperlambat proses dan fungsi kognitif ini biasanya dimulai terjadi pada usia 60-70 tahun. Penyusutan otak terjadi karena peradangan, stres oksidatif, dan radikal bebas.

Untuk mendorong eksehtaan otak dan mencegah penyusutan itu, setiap orang disarankan untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan setiap harinya.
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels