Cara Menajga Kebersihan di Tempat Kerja saat Pandemi Corona


Cara Menjaga Kebersihan di Tempat Kerja saat Pandemi Corona



Jakarta, -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status infeksi virus corona (Covid-19) sebagai pandemi pada Rabu (11/3) waktu Jenewa. Pandemi bearti sebuah penyakit menjangkit ke lebih banyak orang di hampir dunia dalam waktu bersamaan.

Saat pandemi berlangsung, salah satu yang penting diperhatikan adalah kebersihan di tempat kerja. Sebab sebagian aktvitas keseharian dilakukan di lokasi kerja.

Kantor, menjadi salah satu tempat bersembunyinya virus dan bakteri. Mulai dari celah di keyboar, tombol lift, hingga gagang pintu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bersama Administrasi Keselamatan dna Kesehatan Kerja (OSHA) mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk menjaga kebersihan diri dan tempat kerja selama pandemi corona.

Berikut cara menjaga kebersihan di tempat kerja saat pandemi corona.

1. Bersihkan tempat kerja 
Sebelum memulai kerja selalu bersihkan tempa kerja dengan menggunakan desinfektan atau pembersih yang sudah disetujui. Bersihkan meja, mouse komputer, telepon kantor, dan benda atau permukaan lain. Berikan perhatian ekstra pada benda yang paling sering disentuh.

Cara mendisinfeksi yang benar adalah alat permukaan harus tetap basah dalam jangka waktu 3-5 menit ntuk memastikan kumam sudah mati.

2. Cuci tangan secara berkala
Mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Rajinlah mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah memagang gagang pintu, setelah memegang banyak tumpukan kertas, dan setelah dari toilet. 

Pastikan mencucui tangan selmaam 20 detik dengan sabun yang mengandung antiseptik dan air mengalir.

3. Hand sanitizer ketika sabun dan air tidak ada
Gunakan hand sanitizer sebagai alternatif hanya jika sabun tidak ada. Misalnya saat di tengah rapat, dalamperjalanan atau,keadaan kerja yang tak bisa ditinggalkan.

4. Ganti rutinitas jabat tangan
Sebaiknya ganti rtinitas jabat tangan dengan kolega di tempat kerja. Virus corona bisa berpindah dengan berjaba tangan.

Jangan ragu menolak jabat tangan karena dianggap tidak sopan. Ada banyak cara untuk menyapa dan menyampaikan hormat seperti menyatukan kedua telapak tangan sendiri dan membungkuk.

5. Membersihkan telepon genggam
Jangan lupa untuk membersihkan telepon genggam. Telepon genggam merupkana benda yang paling sering disentuh bahkan saat di tempat kerja.

Mengelap telepon pintar dengan tisu basah atau dapat menghilangkan bakteri dan virus. Gosoklah bagian telepon genggam untuk membunuh kuman.
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels