Alye Gunduz, Nenek 93 Tahun Peninggi Harapan Sembuh Corona



Alye Gunduz, Nenek 93 Tahun Peninggi Harapan Sembuh Corona


Jakarta,-- Alye Gunduz, seorang nenek berusia 93 tahun sembuh dari penyakit infeksi virus corona setelah 10 hari dirawat di rumah sakit di Istanbul, Turki.

Pemulihannya dari penyakit yang mengancam jiwa terutama untk orang lanjut usia membuat harapan kesembuhan pasien lainnya semakin tinggi.

"Ini menjanjikan karena pasien pada usia ini dan dengan penyakit kronis sebagian besar waktu tidak dapat karena mereka berisiko tertinggi dari COVID-19," kepala dokter Zekayi Kutlubay kepada AFP.

"Seorang wanita 93 tahun yang berjalan keluar dari ruang perawatan yang sehat dan aman memberi inspirasi bagi kami dan juga pasien coronavirus lain di usianya."

Selain menderita Covid-19, Gunduz juga menderita hipertensi. Dia adalah seorang petani dari kota Batman di tenggara Turki, dibawa ke rumah sakit pada 31 Maret dengan keluhan demam tinggi dan sakit perut.

"Saya berharap pemulihan yang cepat untuk semua orang," kata wanita tua itu ketika dia dibantu oleh cucunya.

Alye Gunduz

Turki menghadapi semakin banyak kasus setiap hari. Petugas kesehatan Turki telah bekerja siaang dan malam merawat pasien.

"Semua orang bekerja keras seolah-olah mereka sedang berperang," Nuri Aydin, rektor Fakultas Kedokteran Cerrahpasa dari Universitas Istanbul, mengatakan kepada AFP di rumah sakit.

"Suasana di sini seperti itu bukan tempat kerja melainkan medan perang."
Share:

No comments:

Post a Comment

Labels