Tembus 337 Kasus Covid-19 per Hari, Jubir: Ini Sangat Menyedihkan Kita

Kasus Positif Bertambah 337, Jubir Covid-19: Ini Gambaran Menyedihkan

Juru Bicara untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 3.293 kasus pada hari ini, Kamis (9/4/2020). Terdapat tambahan 337 kasus positif, 30 pasien yang dinyatakan sembuh, dan 40 pasien meninggal hari ini. Menurutnya, penambahan kasus yang cukup tinggi yaitu mencapai 337 pada hari ini merupakan gambaran dari tingkat kedisiplinan masyarakat terkait pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19. Gambaran ini sangat menyedihkan untuk kita. Karena kita tahu bahwa penularan di luar masih berlangsung, data yang kita himpun hari ini adalah kurang lebih menggambarkan kondisi masyarakat kita di seminggu yang lalu, ujar Yurianto di Graha BNPB, Kamis (9/4/2020).

Dia menyebut, jika masyarakat mengikuti arahan dari pemerintah terkait social distancing atau physical distancing, menjaga kebersihan, menggunakan masker, hingga tetap berada di rumah, maka penambahan kasus tidak akan banyak tiap harinya. Mudah-mudahan dengan kita menggunakan masker sejak seminggu ini kita bisa melihat hasilnya pada minggu depan. Apakah kepatuhan ini dijalankan dengan baik atau tidak, kata dia. Pemerintah memang baru beberapa hari ini menggaungkan kewajiban memakai masker bagi semua masyarakat. Masker kain untuk masyarakat yang sehat, masker medis dan N95 untuk tenaga kesehatan yang menangani pasien.

Mari sekali lagi kami mengajak patuh dan disiplin meenggunakan masker, patuh dan disiplin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, patuh dan disiplin menjaga jarak fisik secara aman, patuh dan disiplin untuk tetap berada di rumah dan tidak berpergian kemana pun dalam situasi yang sulit ini, kata Yurianto.

Penambahan Pasien Positif

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Corona Achmad Yurianto menyebut, sampai dengan hari ini, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 masih terus bertambah. Menurut Yurianto, hingga hari ini ada 3.293 orang yang sudah dinyatakan terinfeksi virus Corona Covid-19. Sementara itu, ada pula penambahan pasien positif Corona yang meninggal dunia pada hari ini. Penambahan kasus baru per hari ini sebanyak 337 orang dinyatakan positif, jadi total keseluruhan sebanyak 3.293 kasus. Sedangkan ada penambahan kasus 40 yang meninggal, jadi total keseluruhan sebanyak 280 orang  ujar Yurianto.

Meski begitu, ada pula penambahan pasien yang dinyatakan sembuh dan negatif Corona Covid-19 sebanyak 30 orang. Dengan begitu, total akumulatifnya ada 252 pasien karena Corona yang berhasil sembuh. Penambahan kasus Corona Covid-19 terhitung sejak pukul 12.00 WIB pada Rabu, 8 April 2020 hingga hari ini pukul 12.00 WIB.

Share:

No comments:

Post a Comment

Labels